Sunday, December 25, 2011

Buku yang lain

Ini adalah sebuah buku lain tentang belajar di rumah yang saya temukan saat jalan-jalan di pameran buku IKAPI Bandung.  Entah tahun berapa, ha, dasar pelupa!  Mungkin sekitar tahun 2008.
Judulnya  menggelitik :  Belajar tanpa Sekolah.   Judul Asli: The Unschooling Handbook: How to Use Whole World As Your Child’s Classroom (1998), Penulis: Mary Graffith,  Penerjemah: Mutia Dharma, Penerbit: Nuansa Cendekia Bandung, Cetakan: I, 2007. Tebal: 240 halaman

Buku ini berisi metoda sekolah di rumah yang tidak mengikuti kurikulum tertentu.  Yang saya tangkap : minat anak menjadi titik tolak pembelajaran.  Misal : anak tertarik kucing, maka masuklah berbagai pelajaran disitu (biologi : bagian tubuh kucing, matematika : jumlah kaki, geografi : jenis kucing persia, dll).


Sebuah ide pembelajaran yang sangat liar, tapi sangat menarik.  Dibutuhkan orangtua yang 'gesit' melihat dan menangkap minat anaknya.


Dulu saya hanya sanggup membaca beberapa bab saja.  Nah, kini saya akan mulai membacanya lagi... Doakan yaaa, agar bisa mendapat hikmah dari bacaan ini :)

No comments:

Post a Comment